Ticker

6/recent/ticker-posts

RDBMS (Relational Database Management System)

RDBMS (Relational Database Management System) sering juga disebut sebagai model rasional atau basisdata relasional atau sering disebut RDBM saja. Model basisdata menunjukkan atau suatu cara atau mekanisme yang digunakan untuk mengelola atau mengorganisasikan data secara fisik dalam memori sekunder yang berdampak pula pada bagaimana mengelompokan  dan  membentuk  keseluruhan  data  yang terkait  oeh  sistem  yang  sedang  ditinjau. 

Sampai  saat  ini  model basisdata RDBM masih merupakan salah satu model yang paling banyak diterapkan atau digunakan sebagai salah satu model data. RDBM mejelaskan kepada pemakai tentang hubungan logik antar data dalam basisdata dengan merepresentasikannya kedalam bentuk relasi-relasi berupa table mendatar (flat file) yang terdiri atas sejumlah baris yang menunjukkan record atau kolom yang menunjukkan atribut tertentu. Relasi dirancang sedemikian rupa sehingga dpat menghilangkan kerangkapan data yang tidak berguna. Dalam sebuah basisdata kerelasian antar relasi satu denga yang lainnya ditunjukkan menggunakan Foreign Key atau FK atau relasi bertipe transaksi (Sutanta, 2004).

Kunci relasi diperlukan dalam rangka untuk pengaksesan data dari dalam relasi atau untuk menyusun kerelasian antar relasi. Kunci relasi merupakan satu atau gabungan atribut yang bersifat unik yang dapat digunakan untuk mengindentifikasi atau memebedakan setiap record dalam relasi. Dengan demikian kunci relasi harus bersifat unik artinya nilai-nilai elemen data atau entri dalam atribut yang digunakan sebagai kunci relasi tidak boleh ada yang sama untuk keseruhan record dalam relasi


Posting Komentar

0 Komentar