Ticker

6/recent/ticker-posts

Cloud Computing

Cloud Computing adalah satu set data server yang berskala besar, menyediakan komputasi dan layanan penyimpanan kepada pelanggan. Penyimpanan cloud adalah suatu layanan yang relatif dasar dan dapat diterapkan secara luas kepada pengguna secara stabil, dengan menyediakan ruang penyimpanan yang besar (Prihantoro, 2015). 

Adapun karakteristik menurut NIST (National Institute of Standard and Technology) terdapat 5 (lima) karakteristik sehingga sistem tersebut disebut Cloud Computing, yaitu :

1. Resource Pooling.
Sumber daya komputasi (storage, CPU, memory, network bandwidth.) yang dikumpulkan oleh penyedia layanan (service provider) untuk memenuhi kebutuhan banyak pelanggan (service consumers) dengan model multi-tenant. Sumber daya komputasi ini bisa berupa sumber daya fisik ataupun virtual dan juga bisa dIpakai secara dinamis oleh para pelanggan untuk mencukupi kebutuhannya. 

2. Broad Network Access.
Kapabilitas layanan dari cloud provider tersedia lewat jaringan dan bisa diakses oleh berbagai jenis perangkat, seperti smartphone, tablet, laptop, workstation.

3. Measured Service.
Tersedia layanan untuk mengoptimasi dan memonitor layanan yang dipakai secara otomatis. Dengan monitoring sistem ini, kita bisa melihat berapa resources komputasi yang telah dipakai, seperti: bandwidth, storage, processing, jumlah pengguna aktif. Layanan monitoring ini sebagai bentuk transparansi antara cloud provider dan cloud consumer.

4. Rapid Elasticity.
Kapabilitas dari layanan cloud provider bisa dipakai oleh cloud consumer secara dinamis berdasarkan kebutuhan. Cloud consumer bisa menaikkan atau menurunkan kapasitas layanan. Kapasitas layanan yang disediakan ini biasanya tidak terbatas, dan service consumer bisa dengan bebas dan mudah memilih kapasitas yang diinginkan setiap saat.

5. Self Service.
Cloud Consumer bisa mengkonfigurasikan secara mandiri layanan yang ingin dipakai melalui sebuah sistem, tanpa perlu interaksi manusia dengan pihak cloud provider. Konfigurasi layanan yang dipilih ini harus tersedia segera dan saat itu juga secara otomatis (Ibrahim M, 2013).



Posting Komentar

0 Komentar