Ticker

6/recent/ticker-posts

ERD (Entity Relationship Diagram)

Model relasi entity didasarkan pada persepsi dunia nyata yang terdiri dari  himpunan objek dasar yang disebut entity dan relasi antar entity. Dalam ERD (Entity Relationship Diagram)    terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu entity, atribut dan kardinalitas.

1.  Entitas/Entiti
Entiti adalah orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya direkam atau suatu objek yang dapat diidentifikasi secara unik.
 
2. Atribut
Atribut adalah suatu informasi yang akan disimpan dari suatu entitas. Setiap entity   mempunyai attribute   atau sebutan untuk mewakili suatu entitas. Atribute juga disebut juga sebagai data elemen, data field, data item
 
3. Kardinalitas
Kardinalitas adalah model data yang harus dapat mempresentasikan jumlah peristiwa dari objek didalam hubungan yang diberikan. Kardinalitas dapat bersifat:
 
a. Relasi 1-1 (one to one relationship).
Menunjukkan bahwa setiap baris data pada tabel pertama dapat dikoneksikan hanya ke satu baris data pada tabel kedua. Hubungan ini akan berlangsung dengan baik bila field-field yang bersesuaian di kedua tabel tersebut merupakan kunci primer.
 
b. Relasi 1-banyak(one to many relationship)
Merupakan hubungan yang paling umum dimana pada hubungan ini ditujukan bahwa setiap baris data pada tabel pertama dapat dikoneksikan ke satu tabel atau baris   data pada tabel kedua. Tetapi sebuah baris data pada tabel kedua hanya bisa dihubungkan dengan satu baris pada tabel pertama.
 
c. Relasi Banyak-banyak (Many to many relationship)
Menunjukkan bahwa satu atau lebih baris data pada tabel pertama dapat dikoneksikan ke satu atau lebih baris data pada tabel kedua. Hubungan banyak ke banyak terjadi jika ditampilkan dari perspektifnya sendiri, masing-masing sisi dari hubungan  banyak-ke-banyak menjadi jelas ketika hubungan seperti ini ditampilkan dari kedua sisi. Terkadang dalam melakukan proses hubungan banyak-ke-banyak diperlukan satu tabel perantara yang menyediakan hubungan satu ke-banyak dengan masing- masing tabel tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar