Ticker

6/recent/ticker-posts

Learning Management System (LMS)

Menurut Kerschenbaum dalam LMS Selection Best Practice (2009) menjelaskan bahwa Learning Management System adalah sebuah aplikasi yang berfungsi mengadministrasi secara otomatis berbagai kegiatan pembelajaran. Fungsi secara umum yang harus dimiliki LMS antara lain sebagai berikut:

a. Uploading and Sharing Material, untuk mempermudah dalam proses publikasi material proses pembelajaran. Pengajar akan meng-upload materi ajar sesuai dengan silabus yang dibuat bisa berupa catatan materi, quiz, penilaian dan lainnya.

b. Forum and chat, merupakan komunikasi dua arah antara pengajar dengan siswanya, baik dilakukan secara sinkron (chat), maupun asinkron (forum).

c. Quizzes, memberikan nilai instan bagi siswa. Hal ini merupakan tool yang sangat baik digunakan untuk mendapatkan respon (feedback) langsung dari siswa yang sesuai dengan kemampuan dan daya serap yang mereka miliki.

d. Gathering and reviewing assigment, hasil dari evaluasi pembelajaran yaitu pemberian nilai atau skor kepada siswa yang dilakukan secara otomatis dan online.

LMS mempunyai ruang lingkup antara lain sebagai berikut:
1. Administrasi
2. Penyampaian materi
3. Penilaian
4. Monitoring atau Evaluasi
5. Komunikasi


Menurut Dodds (2006) bahwa LMS memiliki 7 (tujuh) sistem layanan yang membentuk arsitektur sistem antara lain sebagai berikut:
1. Learning Profile Service: Menyimpan data pembelajar
2. Course Administrative Service: Berfungsi untuk mengatur materi belajar-mengajar.
3. Assessment Service: sebagai basis data ujian dan mengatur kapan akan memulai tes.
4. Sequencing Service: sebuah layanan yangdapat merangkai materi pembelajaran maupun tes.
5. Delivery Service: sebuah layanan yang dapat mengirimkan isi materi pembelajaran dan tes kepada pembelajar.
6. Tracking Service: sebuah layanan yang dapat mengetahui pencapaian yang dilakukan oleh seseorang (sampai dimana tingkat pembelajaran yang telah dilakukan)
7. Content Management Service: layanan yang dapat mengelola materi pembelajaran dan tes.

Posting Komentar

0 Komentar