Ticker

6/recent/ticker-posts

Hypertext Transfer Protocol (HTTP)

Hypertext Transfer Protocol atau yang umumnya disingkat http, merupakan sebuah protokol pada server yang bertugas sebagai media pengiriman dokumen, dokumen html yang dikirim berisi informasi yang sesuai dengan request dari client kepada host. Menurut Astriani (2013), http adalah sebuah protokol yang bergerak di lapisan aplikasi pada layer OSI, layanan ini digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaan protokol http dapat digunakan untuk mengirim dokumen yang berisi berbagai sumber daya, seperti gambar, suara, teks, dll.

Protokol http bekerja dengan cara server yang bertugas sebagai host akan menunggu request dari client, saat client melakukan request data maka server akan mempersiapkan data yang diperlukan dan mengirimnya kembali kepada client dan akan ditampilkan pada browser. Secara umum kerja layanan http dapat dilihat pada Gambar .

 
Gambar  Sistem Kerja HTTP

Fungsi dari http adalah menyediakan layanan yang pada umumnya berupa website, http akan menerima permintaan client dan mengirim respon terhadap permintaan tersebut. Pada penelitian ini, protokol http akan digunakan untuk melayani dan memberikan aktivitas untuk user pada aplikasi website monitoring server.


Posting Komentar

0 Komentar