Ticker

6/recent/ticker-posts

Server

Menurut Efendi (2017) Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer yang didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan DISK yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system). 

Server memiliki beberapa fungsi utama yaitu sebagai penyimpanan aplikasi, penyimpanan data, dan perlindungan terhadap aset yang disimpan. Selain memiliki tugas utama tersebut, server juga dapat berinteraksi dengan client melalui berbagai layanan yang tersedia didalamnya. Tidak semua layanan yang ada pada server dapat diakses oleh semua orang, beberapa layanan tersebut hanya dapat diakses oleh client menggunakan username dan password. Layanan yang memerlukan username dan password tersebut adalah layanan khusus yang biasanya hanya boleh digunakan oleh administrator server. Sedangkan layanan yang pada umumnya dapat diakses oleh publik adalah layanan http yang memungkinkan seseorang untuk mengakses website yang ada pada server.

Pada penelitian ini digunakan sebuah virtual private server yang terkoneksi secara cloud dan terhubung dengan cloning website dari berkahbarang.id. Server yang digunakan memiliki layanan Secure Shell (SSH) dan Hypertext Transfer Protocol (HTTP), layanan SSH akan digunakan sebagai layanan yang akan digunakan oleh iptables untuk melakukan instalasi dan konfirgurasi ada jaringan server dan layanan HTTP akan digunakan untuk website monitoring dan memanajemen server.


Posting Komentar

0 Komentar