Ticker

6/recent/ticker-posts

Finite State Automata

Finite automata adalah mesin abstrak berupa sistem model matematika dengan masukan dan keluaran diskrit yang dapat mengenali bahasa paling sederhana (bahasa reguler) dan dapat diimplementasikan secara nyata dimana sistem dapat berada di salah satu dari sejumlah berhingga konfigurasi internal disebut state.


Finite State Automata (FSA) adalah model matematika dari sistem dengan masukan dan keluaran berupa nilai diskrit.

Finite State Automata (FSA) merupakan tool yang sangat berguna untuk mengenal dan menangkap pola dalam data. Finite State Automata (FSA) adalah model matematika yang dapat menerima input dan mengeluarkan output yang memiliki state yang berhingga banyaknya dan dapat berpindah dari satu state ke state lainnya berdasarkan input dan fungsi transisi.

Beberapa contoh sistem dengan state berhingga antara lain pada mesin minuman otomatis atau vending machine, pengatur lampu lalulintas dan lexical analyser. Suatu finite automata terdiri dari beberapa bagian Finite automata mempunyai sekumpulan state dan aturan-aturan untuk berpindah dari state yang satu ke state yang lain, tergantung dari simbolnya. Finite automata mempunyai state awal, sekumpulan state dan state akhir. Finite automata merupakan sekumpulan dari lima elemen atau dalam bahasa matematis dapat disebut sebagai 5-tuple. Definisi formal dari finite automata dikatakan bahwa finite automata merupakan list dari 5 kompunen : kumpulan state, input, aturan perpindahan, state awal, dan state akhir.


Posting Komentar

0 Komentar