Ticker

6/recent/ticker-posts

Manajemen Jaringan

Manajemen jaringan adalah suatu usaha untuk memelihara seluruh sumber jaringan dalam keadaan baik. Karena saat ini jaringan sangat kompleks, dinamika dan terdiri atas komponen yang dapat diandalkan peralatan yang baik akan di perlukan untuk mengelola peralatan tersebut”. The International Organization for Standaritation (ISO) mendefinisikan sebuah model konseptual untuk menjelaskan fungsi manajemen jaringan, yaitu :

1. Fault Management
Fault Management (Manajemen Kesalahan) yaitu menyediakan fasilitas yang memungkinkan administrator jaringan untuk mengetahui kesalahan (fault) pada perangkat yang dikelola, jaringan dan operasi jaringan, agar dapat segera menentukan apa penyebabnya dan dapat segera mengambil tindakan (perbaikan), untuk itu, manajemen kesalahan memiliki mekanisme untuk :
    a. Melaporkan terjadinya kesalahan
    b. Mencatat laporan kesalahan (logging)
    c. Melakukan diagnosis
    d. Mengoreksi kesalahan 

2. Configuration manajement (manajemen konfigurasi)
Memonitor informasi konfigurasi jaringan sehingga dampak dari perangkat keras atau pun lunak tertentu dapat dikelola dengan baik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan kemampuan untuk inisialisasi, konfigurasi ulang, pengoperasian dan mematikan perangkat yang di kelola. Manajemen konfigurasi meliputi :
a. Perencanaan jaringan dan rekayasa
b. Instalasi
c. Pengendalian dan status
d. Penyediaan
e. Menyimpan informasi konfigurasi
f. Perencanaan dan negoisasi layanan

3. Accounting management
Menyediakan fungsi yang memungkinkan untuk dilakukan pengukuran layanan jaringan serta penentuan biaya penggunaan yang fungsinya meliputi :
a. Pengukuran pemakaian
b. Pentarifan
c. Penagihan dan keuangan
d. pengendalian perusahaan/instansi

4. Performance management
Merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menilai indikator unjuk kerja dari operasi jaringan secara berkesinambungan.

5. Security management (manajemen keamanan)
Mengatur akses ke sumber daya jaringan sehingga informasi tidak dapat diperoleh tanpa izin. Hal tersebut diperoleh dengan cara :
a. Membatasi akses ke sumber daya jaringan.
b. Memberi pemberitahuan adanya usaha pelanggaran.
 


Posting Komentar

0 Komentar