Ticker

6/recent/ticker-posts

Teknik Pencarian Heuristik

Teknik pencarian heuristik (heuristic searching) merupakan suatu strategi untuk melakukan proses pencarian ruang keadaan (state space) suatu problema secara selektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan di sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar, dan mengesampingkan usaha yang bodoh dan memboroskan waktu.

Heuristik adalah sebuah teknik yang mengembangkan efisiensi dalam proses pencarian, namun dengan kemungkinan mengorbankan kelengkapan (completeness).

Setiap heuristik memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing sehingga pemilihan heuristik juga sangat penting dalam penyelesaian suatu masalah. Semakin bagus heuristik yang dipakai, semakin cepat dan akurat pula solusi yang didapat. Beberapa algoritma pencarian yang yang termasuk pencarian heuristik adalah Pembangkitan dan Pengujian (Generate and Test), Pencarian Terbaik Pertama (Best First Search), Algoritma Greedy Search, Algoritma A* (A Star), dan Pendakian Bukit (Hill Climbing Search), Algoritma Minimax, dan sebagainya.

Foto : Unsplash


GENERATE AND TEST

Strategi bangkitkan dan uji (generate and test) merupakan pendekatan yang paling sederhana dari semua pendekatan yang akan dibicarakan. Pendekatan ini meliputi langkah-langkah sebagai berikut :

a. Buatlah/bangkitkan sebuah solusi yang memungkinkan. Untuk sebuah problema hal ini dapat berarti pembuatan sebuah titik khusus dalam ruang problema.

b. Lakukan pengujian untuk melihat apakah solusi yang dibuat benar-benar merupakan sebuah solusi, dengan cara membandingkan titik khusus tersebut dengan goal-nya (solusi).

c. Jika telah diperoleh sebuah solusi, langkah-langkah tersebut dapat dihentikan. Jika belum, kembalilah ke langkah pertama.

Posting Komentar

0 Komentar