Ticker

6/recent/ticker-posts

Komponen Data Flow Diagram

DFD (Data Flow Diagram) merupakan representasi dari suatu sistem yang menunjukkan proses atau fungsi, aliran data, tempat penyimpanan data, DFD juga digunakan untuk menggambarkan sistem yang ada atau sistem yang baru yang akan dikembangkan.


Gambar Komponen DFD menurut Yourdan dan DeMarco

Gambar Komponen DFD menurut Gene dan Serson

Simbol yang digunakan pada Data Flow Diagram  antara lain:

a.) Terminator
Terminator mewakili entitas  eksternal yang  berkomunikasi dengan sistem yang sedang dikembangkan. Biasanya terminator dikenal dengan nama entitas luar (external entity).

Terdapat dua jenis terminator :
1. Terminator Sumber (source) : merupakan terminator yang menjadi sumber.
2. Terminator Tujuan (sink) : merupakan   terminator   yang   menjadi tujuan  data / informasi sistem.

Terminator dapat berupa orang, sekelompok orang, organisasi, departemen di dalam organisasi, atau perusahaan yang sama tetapi di luar kendali sistem yang sedang dibuat modelnya. Terminator dapat juga berupa departemen, divisi atau sistem di luar sistem yang berkomunikasi dengan sistem yang sedang dikembangkan.

Komponen terminator ini perlu diberi nama sesuai dengan dunia luar   yang   berkomunikasi dengan sistem yang sedang dibuat modelnya, dan   biasanya   menggunakan kata benda, misalnya Dosen, Mahasiswa. 

Ada tiga hal penting yang harus diingat tentang terminator :
1. Terminator merupakan bagian/lingkungan  luar sistem. Alur data yang menghubungkan terminator dengan berbagai proses sistem, menunjukkan hubungan sistem dengan dunia luar. 
2. Profesional sistem tidak dapat mengubah isi atau cara kerja organisasi, atau prosedur yang berkaitan dengan terminator. 
3. Hubungan yang ada antar terminator yang satu dengan yang lain tidak digambarkan pada DFD.

b.) Komponen Proses 
Komponen proses menggambarkan bagian dari sistem yang mentransformasikan input menjadi output. 
Proses diberi nama untuk menjelaskan proses/kegiatan apa yang sedang/akan   dilaksanakan.   Pemberian   nama   proses   dilakukan dengan menggunakan kata kerja transitif (kata kerja yang membutuhkan obyek).

c.) Komponen Data Store
Komponen ini digunakan penyimpanan data, data store ini biasanya berkaitan dengan penyimpanan- penyimpanan, seperti file atau database yang berkaitan dengan penyimpanan secara komputerisasi, misalnya file disket, file harddisk, file pita magnetik. Data store juga berkaitan dengan penyimpanan secara manual seperti buku alamat, file folder, dan agenda.

d.) Komponen Data Flow/ Alur Data
Suatu data flow / alur data digambarkan dengan anak panah, yang menunjukkan arah menuju ke dan keluar dari suatu proses. Alur data ini digunakan untuk menerangkan perpindahan data atau paket data/informasi dari satu bagian sistem ke bagian lainnya. Selain menunjukkan arah, alur data pada model yang dibuat oleh profesional sistem dapat merepresentasikan bit, karakter, pesan, formulir, bilangan real, dan macam-macam informasi yang berkaitan dengan komputer. Alur data juga dapat merepresentasikan data/informasi yang tidak berkaitan dengan komputer.
Alur data perlu diberi nama sesuai dengan data/informasi yang dimaksud,  biasanya  pemberian  nama  pada  alur  data  dilakukan dengan menggunakan kata benda

Posting Komentar

0 Komentar